Peluang Ekspor Ke Luar Negeri, Baca Ini!!

By | 02/09/2016

Jika selama ini kita cuma berkutat di pasar lokal, cobalah menjajah pasar luar. Waktunya anda naik kelas. Semua dokumen di urus sendiri. Jadi ke depan, gak pusing lagi. Semua punya dokumen sendiri. Jika impor, kita bisa bayar pajak resmi, sesuai invoice. Tinggal bayar saja jasa pengurusan di bea cukai. Jika ekspor, kita akan makin mudah dan hemat jika punya dokumen sendiri.

Mengapa harus urus dokumen sendiri, supaya kita bisa menghemat biaya pengangkutannya. Contoh nya jika kita datangkan barang satu kontainer 40kaki. Biaya shipping dari china ke Indonesia Cuma $600 saja. Tinggal bayar pajak nya sesuai invoice kita. Misal pajak barang umum 10% dan bea masuk kalau ada. Bisa BEBAS BEA MASUK kalau ada form E ( CHINA ), kalau ASEAN form D.

CONTOH jika kita belanja senilai 300juta. Maka kita Cuma bayar 30 juta. Plus biaya admin yang tidak sampai 8juta.
Padahal Kalau impor borongan 1 kontainer, bisa ratusan juta. Gendheng kan? JASA IMPORT BORONGAN yang panen raya. Karena ketidaktahuan kita.

Itulah kenapa kita harus ber ilmu dan tahu cara nya. Ingat nasehat ini, TUHAN MENGANGKAT / MENINGGIKAN ORANG YANG BERILMU, SAMPAI 27 DERAJAT.

Bagi teman-teman pemilik online shop yang belum tahu, jika kita punya dokumen ekspor impor sendiri, kita bisa melakukan penghematan yang besar. Sangat banyak. Apalagi kita sering kirim barang keluar negeri dan masukkan barang ke dalam negeri.

Contoh nya : kita kirim barang dagangan ke TAIWAN. Berat barang 100kg. Nilai barang 50Juta.

Jika lewat pos, kita di charge sekitar : Rp12.500.000. Kalau EMS Pos Indonesia. tidak ada minimum berat.
Jika lewat cargo udara, punya dokumen sendiri, di charge : Rp. 2.500.000. biasanya berat minimum 10kg.

Kita cuma bayar jasa custom cleareance saja dan biaya admin lainnya. Pakai dokumen kita sendiri. Murah. Customs cleareance nya di Indonesia nggak sampai 1 juta. Murah kan?? Kalau kargo udara, biasanya 3 hari sampai. Kalau EMS, bisa 7-10 hari sampai. Ketika sudah dinegara tujuan, itu tanggungan pembeli. Sama saja, pos atau cargo, tetap pembeli yang tanggung pajak nya disana. Kita kasih tahu dia sejak awal ( jika belum tahu ).
Kalau sebulan 4 x kirim. Maka hemat berapa anda? Kalau setahun? Cukup buat beli innova baru. Hehhee…

Padahal biaya pembuatan dokumen nya GRATIS. via online lagi… kurang apa coba. Ekspor itu banyak kemudahan. Dan jauh lebih mudah dibanding impor.

Maka nya pemilik toko online, juga harus tahu ilmu yang seperti ini. Apalagi banyak orang indonesia di luar negeri. Itu juga potensi luar biasa. Mereka juga butuh barang dari INDONESIA. Mereka juga rindu makanan dan produk-produk tanah airnya.

Misalnya :
Orang Indonesia di Malaysia, ada sekitar 2 juta orang. Itu yang RESMI dan terdaftar. Yang gak terdaftar? Buanyaakkkk… Orang Indonesia di Singapore, Brunei Darussalam, Taiwan, Hong Kong, Jepang, Macau, Korea Selatan, Saudi Arabia, Qatar, Oman, Dubai, Total berapa juta orang? Itu juga potensi besar. Biasanya mereka beli baju muslim, jilbab, sambal, makanan kayak keripik, jajan tradisional, oleh2 tradisional, sebagian nya kosmetik indonesia dan produk lain2. Mereka tetap membeli dari tanah air, demi mengobati rindu tanah air. Belum lagi TKI Professional dan Pelajar2 kita.

Kemudian, jika anda iklan, cobalah sekali kali menyasar orang indonesia yang lokasi nya di luar negeri, seperti yang saya sebutkan diatas. Coba saja, biar tahu. Di facebook dan google adwords ada kan fasilitas demografi ( pemilihan lokasi target konsumen )??

Coba saja. Biasanya mereka beli dalam jumlah banyak, karena kalau beli dikit, rugi di ongkir. Pengalaman saya begitu. Jadi kalau beli biasanya mereka sekalian agak banyak. Pengalaman saya, pasar paling gurih adalah MALAYSIA, HONGKONG, TAIWAN. Tiga ini raja nya.

Cara menerima order bagaimana om Mian? Terima order biasa saja. Lewat telp, sms, whatsapp. Soal pembayaran, paling mudah. Mereka sudah biasa kirim uang ke Indonesia. Kirim gaji nya ke keluarga di Indonesia, hampir semua tahu caranya kirim uang. Di luar negeri itu, banyak sekali jasa remittance atau pengiriman uang. Langsung masuk ke rekening kita. Umumnya, 1 hingga 3 hari sampai. Kita Cuma kena potongan Rp.5ribu biasanya ( pengalaman saya di BANK BCA ya ).

Kalau mau mudah lagi, pakai western union, moneygram. Gampang kan? Moneygram cairkan saja di bank CIMB Niaga, BCA, bank MEGA. Kalau western union, malah lebih banyak. cairkan di Indomaret pun bisa, termasuk pos, bank bank swasta dan lain sebagainya. Banyak banget lah kalau WU.

Jadi, jika ada order dari luar negeri, jangan di tolak. Layani dengan baik. Kalau mau joss lagi, pakai GOOGLE TRANSLATE. Pakai bahasa baku, terjemahkan ke dalam bahasa mereka. sekarang banyak sekali kemudahan. beda ketika saya dulu awal tahun 2000an, bahasa inggris masih “grothal grathul” aja berani terima order dari orang asing.

oh ya, saya ingat, pertama kali dapat kiriman WESTERN UNION dari SINGAPURA. Tahun 2002. waktu itu masih pakai HP Nokia 3310. Suatu hari ada pembeli tiba-tiba kirim uang pakai western union. di SMS dia bilang. ” I SENT YOU MONEY VIA WESTERN UNION, MTCN : 888XXXX442. PLEASE SEND GOODS TO THIS ADDRESS : dan seterus nya. saya bingung. ini pembayaran apa…. western union. Tapi orang nya baik, dia mengajari saya bagaimana cara mencairkannya. di akhir pembicaraan, dia bilang, dari suaramu, kamu kelihatannya masih muda sekali. wakkakaka…. saya terpingkal pingkal.

zaman itu saya belum tahu internet dan belum ada google… belum kuliah, masih di KAMPUNG. sudah berani jualan lewat iklan koran dan majalah. ah sudah lah, itu cerita lama.

Gimana? Sederhana kan cara nya? SAAT NYA ONLINE SHOP LOKAL NAIK KELAS….jangan manja. mulailah menggali potensi yang dilupakan pemain besar.

Saya nulis ini bukan untuk pencitraan, tapi untuk membuka wawasan teman-teman. Bahwa ada potensi besar menunggu kita. Saya juga ingin berbagi. Karena ilmu jika disimpan sendiri, gak baik juga. Dibagikan juga tidak berkurang. Maka nya saya share.
Tapi jika anda ingin tahu lebih banyak bagaimana praktek nya nanti di lapangan, dimana mengirim barang yang murah, pakai pesawat apa, nanti bisa belajar bareng saya di kelas ekspor nya EXPORT IMPORT BLUEPRINT. Disana nanti anda akan kita bimbing bagaimana cara mencari potensi pasar dan permintaan di luar negeri sampai pengirimannya.

Oh ya, slot pelatihan import via webinar masih ada. Silahkan kontak saya untuk jadwal nya di bulan september.

Mungkin Anda Datang Kesini Mencari Informasi Tentang :

Silahkan bagikan ke teman-teman anda di :