Fumigasi Pada Barang Ekspor

By | 21/11/2016

proses fumigasi ekspor Fumigasi? Makanan apakah itu? Fumigasi adalah proses perlakuan karantina yang bertujuan untuk mencegah masuknya atau penyebaran atau menetapnya optk ke dalam wilayah negara ri, atau negara lain. Biasa di sebut quarantine treatment. Hal ini untuk memenuhi persyaratan karantina atau perundang undangan negara tujaun ekspor jika di lakukan pada pre shipping treatment.

Jenis perlakuan karantina tumbuhan ini dasar hukum nya berdasarkan undang undang no.16 tahun 1992. Pp no.14 tahun 2002, pasal 10 ayat 2. Kemudian permentan no.09/2009 dan no.37/2009. Jadi produk produk ekspor dari tumbuhan atau tanaman harus di lengkapi dengan sertifikat ini.

Ada beberapa jenis, yaitu menggunakan bahan kimia. Contoh nya, MB, PH3, ETO, ETF, SF dsb ), kemudian penggunaan pestisida untuk seed treatment ( pembedakan atau pencelupan ).  Untuk yang fisik, ada heat treatment, cold treatment, control atmospheere, dan irradiasi. Dan jenis lainnya.

Kali ini saya akan bahas soal fumigasi pada barang ekspor.

Treatment standard pada barang ekspor biasa nya sebagai berikut ini :

  1. MB Fumigation Atau Methyl Bromide.
  2. Phosphine And Liquid Phonesphine Fumigation Atau Biasa Disebut PH3
  3. Ethyl Formate Fumigation, Atau Biasa Dikenal ETF
  4. Heat Treatment Menggunakan Hot Air Dry Treatment
  5. Kemudian, Gamma-Ray Irradiation ( Menggunakan Sinar Gamma )
  6. Semi Permanent Immunization Treatmen.
  7. Ethylene Oxide Fumigation Atau ETO.
  8. Hot Water Treatment Atau Menggunakan Air Panas.
  9. Perlakuan Alfa Sipemetrin Untuk Woodchips.

Jadi jenis nya banyak untuk fumigasi.

Tujuannya apa om mian? Tujuan fumigasi pada barang ekspor adalah, agar menghindari penyebaran kuman, penyakit, bakteri ataupun cacing atau telur hewan, atau serangga maupun hewan lain agar tidak menyebar ke negara lain. Itu tujuan utama nya.

Misal anda mau ekspor meubel, sama juga, di kenakan perlakuan ini, tujuannya apa? Supaya hewan atau jamur atau apapun itu bisa mati dan tidak menyebar di negara lain, contoh rayap, semut, serangga lainnya. Maksudnya, hama atau segala sesuatu yang menimbulkan bahaya bagi negara lain. Dan setiap barang yang mau di ekspor, kebanyakan wajib ada ini.

Untuk proses nya, biasanya ada 4 jenis, yaitu fumigasi kapal ( onboard fumigation ), sulfury flouride fumigation ( sf ), clod treatment dan vapour heat treatment. Jadi ada 4 jenis. Sebelum barang ekspor dikirim keluar, maka akan di fumigasi.

jangan lupa share Fumigasi Pada Barang Ekspor

Mungkin Anda Datang Kesini Mencari Informasi Tentang :

Silahkan bagikan ke teman-teman anda di :